Edukasi Kegiatan Pemberitahuan

KEGIATAN SMP ISLAM HARPAN IBU MENYAMBUT IDUL ADHA 1439 H

endah murdiyani
Ditulis oleh endah murdiyani

Dalam rangka menyambut hari raya umat Islam yaitu Idul Adha 1439 H, SMP Islam Harapan Ibu melakukan serangkaian kegiatan. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah siswa diberikan pemahaman tentang pentingnya berqurban. Kemudian secara kolektif siswa mengumpulkan dana seikhlasnya untuk membeli hewan qurban.  Dengan diadakan kegiatan ini kami berharap siswa bisa berlatih membiasakan diri untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk orang yang tidak mampu. Selain itu siswa diharapkan memiliki rasa empati dan solidaritas terhadap sesama manusia. Kegiatan selanjutnya , siswa dihimbau melakukan puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijah. Keutamaan puasa arafah ini adalah dapat menghapus dosa selama setahun. Manfaat lainnya adalah dapat mendekatkan diri dan menambah ketaqwaan kepada ALLAH SWT. Kegiatan puasa ini diharapkan siswa dapat merasakan penderitaan fakir miskin sehingga selalu bersyukur kepada ALLAh SWT karena telah memberikan banyak nikmat dan Karunia-Nya kepada mereka.

Kegiatan puncaknya dalam menyambut Idul Adha dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Agustus 2018 yaitu melakukan penyembelihan hewan Qurban dan pendistribusian daging .  Penyembelihan hewan qurban yang dilakukan oleh Guru , Staf dan perwakilan Osis SMP dan SMA Islam Harapan Ibu dan disaksikan oleh siswa dan orang tua siswa dari jenjang TK sampai SMA..  Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran  teori maupun praktek, sehingga diharapkan anak didik bisa menguasai materi sekaligus membiasakan untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sebagai khalifah di muka bumi ini.

Qurban merupakan salah satu bagian materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang diajarkan pada siswa  Kegiatan ini tidak bisa kita kenalkan kepada siswa hanya bersifat teorinya saja, namun harus dibarengi dengan praktek dan kegiatan penyembelihan hewan qurban hanya bisa dikenalkan pada bulan Idul Adha. Kegiatan ini juga mempunyai nilai pendidikan yang sangat tinggi, dimana sejak dini siswa dibiasakan menjadi hamba yang siap untuk berqurban, berbagi dan peduli kepada sesama muslim dan sesama manusia. Karena ibadah qurban mempunyai nilai ibadah dan sosial.

Tujuan lainnya dari berqurban adalah pelatihan bagi para siswa tentang penyembelihan hewan kurban, karena pada saatnya kelak mereka akan terjun di masyarakat. Sedangkan bagi sekolah dan Osis  manfaatnya adalah lebih meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan seluruh warga sekolah dan masyarakat.Semoga kita bisa mengambil manfaat dari kegiatan positif ini.

Tentang penulis

endah murdiyani

endah murdiyani

Leave a Comment