KHATAMAN QURAN DAN SANTUNAN ANAK YATIM SMP ISLAM HARAPAN IBU 2019

Siswa kelas IX SMP Islam Harapan Ibu melaksanakan kegiatan Khataman Al Qur’an dan Santunan anak Yatim pada hari jum’at , 30 Mei 2019 di Aula lantai 3 Yayasan Harapan Ibu. Kegiatan tersebut juga di hadari oleh siswa kelas VII, VIII, guru dan Staff SMP , perwakilan unit SD, SMA dan Yayasan. Pelaksanaan Khataman Alquran tersebut juga merupakan wujud implementasi dari penerapan program sekolah Tadarus yang sudah diterapkan oleh SMPI HI, yaitu  setiap pagi menjelang proses belajar mengajar berlangsung dengan target  untuk menyelesaiakan pembacaan Al-Qur’an dari juz 1 sampai juz 10, di kelas VIII ditargetkan untuk menyelesaiakan pembacaan Al-Qur’an dari juz 11 sampai juz 20 dan di kelas VIII ditargetkan untuk menyelesaiakan pembacaan Al-Qur’an dari juz 21 sampai juz 30.

Kegiatan Khataman ini diawali dengan acara sambutan dari Kepala Sekolah SMPI HI oleh Ibu Endriarti Mangayusari, S.Pd . Kemudian semua siswa membaca juz 30(Surat Attakasur sampai al-ikhlas + surat albaqarah ayat 255, dan ayat 284, 285,286) dari Al-qur’an, dengan nada Qira’at . pembiasan Qira’at yang telah dilakukan setiap jum’at selama 1 jam pelajaran.

Selanjutnya membaca do’a mohon kelulusan yang diawali dengan sayiydulistigfar pembacaan doa dari perwakilan siswa kelas ix yang meminta dimudahkan dalam mengerjakan UNBK. Selain itu kami juga menghadirkan ustadz .untuk memberikan tausiyah dan siraman rohani kepada semua hadirin mengenai cara mendidik anak menurut Islam. Acara dilanjutkan dengan muhasabah oleh ustaz , dimana siswa kelas IX yang khatam akan meminta restu orangtua masing-masing agar lancar menjawab soal soal UNBK nanti. Kegiatan diakhiri dengan memberi santunan untuk anak yatim dari siswa kelas IX  kepada anak yatim dari panti asuhan daarul Aitam Pondok Pinang 

Dengan pelaksanaan khataman alquran tersebut merupakan salah satu upaya sekolah dalam mempersiapkan mental siswa kelas IX menjelang pelaksanaan USBN (5 s/d 13 April 2019 ) dan UNBK ( 22 s/d 25 April 2019 ) mendatang. ”Tidak hanya itu, pelaksanaan khatam Alquran ini juga untuk mengakrabkan siswa dengan kitab suci Alquran sebagai pedoman hidup manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.Selain itu ketika mereka lulus nanti, bukan hanya bisa membaca alqurannya saja, melainkan juga mereka diharapkan mampu mengamalkan, mendalami dan melestarikan budaya membaca alquran dan  untuk bisa berbagi dengan saudara yatim dan dhuafa.

Add your thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *