LDKS SMP ISLAM HARAPAN IBU TAHUN 2019

LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) OSIS SMP Islam Harapan Ibu Jakarta merupakan kegiatan pembelajaran peserta didik yang terpilih menjadi pengurus OSIS dimana pengurus OSIS mendapatkan materi-materi tentang kepemimpinan dan keorganisasian. Kegiatan ini merupakan bekal awal OSIS untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun dan menjalan kegiatan OSIS, kegiatan LDKS merupakan hal yang tepat dalam rangka mewujudkan, menghasilkan dan mengembangkan multi skill yaitu kemandirian, kebersamaan, kerja sama tim dan kecakapan sekaligus memperluas wawasan peserta didik.

Pada tanggal 25 – 27 September 2018, SMP Islam Harapan Ibu mengadakan LDKS . Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Sekretaris YHI Bapak H. Bambang Prajuritno, S.H, yang diikuti oleh calon pengurus OSIS , peserta didik baru tahun 2018-2019 beserta panitia yang terdiri dari Bapak dan Ibu Guru. Sebelum berangkat peserta bersalaman dan meminta izin kepada orang tua yang hadir terlebih dahulu. Kemudian peserta berangkat dengan menggunakan truk tronton. Berikut adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh peserta selama LDKS :

PBB dan Kreativitas

Hari pertama peserta diberikan pelatihan mengenai keterampilan baris berbaris oleh panitia OSIS. Banyak dari peserta yang belum bisa karena mereka hanya diajarkan sekilas ketika masih di SD. Kemudian mereka dibimbing untuk membuat yell dan lagu dalam setiap kelompok.

Berbagai Materi Kepemimpinan

Materi membangun organisasi disampaikan setelah sholat Ashar berjamaah oleh bapak Drs. Mukhtar, yang menyampaikan bahwa didalam membangun organisasi dibutuhkan visi misi yang sama, struktur organisasi tearah, komunikasi yang baik , memiliki kompetensi dan diberikan kebebasan dalam memberikan saran. Pemberi materi selanjutnya, bapak Irawan Budi yang menyampaikan materi tentang pemimpin yang bijaksana.Untuk menjadi seorang pemimpin yang bijaksana harus memiliki sifat jujur, tanggung jawab, percaya diri , mampu menentukkan skala prioritas dan berkomukasi efektif, mampu mendelegasikan tugas dan mengendalikan keadaan , cepat mengatasi masalah, mampu mengembangkan potensi anggota serta mau menerima saran.  Materi disiplin dalam organisasi disampaikan oleh H. Bambang Prajuritno S.H. Beliau menjelaskan pentingnya disiplin dalam organisasi.

Tracking oleh Panitia dan Osis.

Dalam kegiatan ini terdapat 5 pos. Pos pertama siswa peserta diuji kemampuannya dalam baris-berbaris. Pos kedua adalah tes panca indra ,peserta ditutup matanya menggunakan kacu pramuka, kemudiaan diberikan 5 macam bahan yang bisa diraba  dan di cium . Peserta diberikan waktu 3 menit untuk menebak nama bahan yang telah diberikan. Pos ketiga adalah Quiz, mereka diberikan berbagai pertanyaan yang berkaitan denga IPA, Matematika dan IPS. keempat mereka diharuskan berjalan jongkok melewati selokan sambil menyanyikan lagu  .Pos kelima adalah peserta harus menyebrangi sungai dengan sebuah tali, kemudian peserta menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bahasa Arab dan matematika. Pos keempat dan kelima adalah pos yang paling berkesan untuk peserta ,  walaupun mereka harus berkotor-kotoran dan menguras energi , tetapi kegiatan ini baru pertama kali melakukannya. Sehingga menjadi pengalaman yang tidak terlupakan oleh peserta.

Perhitungan suara pemilihan OSIS 2019-2020

Sebelum kegiatan penghitungan, peserta dalam kelompok dipersilahkan menampilkan yell dan lagu-lagu serta laporan kelompok mengenai kegiatan tracking. Perhitungan suara di lakukan oleh 1 siswa perwakilan OSIS, yang disaksikan oleh 1 siswa perwakilan kelas 7 dan 8, serta 1 guru. Perhitungan suara berjalan dengan seru dan menegangkan, sehingga pada akhirnya bisa terpilih ketua OSIS yaitu Shaquel dengan hanya selisih 1 suara oleh  Leony.

Wisata Malam

Kegiatan ini merupakan hal yang paling diikuti, karena menguji keberanian peserta LDKS untuk melewati beberapa pos dimalam hari. Mereka hanya diberikan lilin untuk penerangan dan berjalan sesuai arah petunjuk lilin. Dalam beberapa pos ada sebagian kakak Osis yang berpura-pura menjadi hantu untuk menakuti peserta LDKS. Namun pada wisata malam kali ini ada yang berbeda karena ada 1 guru yang berperan sebagai hantu. Partisipasi guru tersebut membuat beberapa siswa ketakutan.

Alhamdulillah semua kegiatan LDKS berlangsung dengan sukses, harapan kami seluruh peserta LDKS Jakarta mampu mengimplementasikan materi yang telah diajarkan, menjadi calon pemimpin yang kuat, kreatif, inovatif dan mempunyai strategi yang baik untuk mencapai tujuan bersama, serta mengembangkan multi skill yaitu kemandirian, kebersamaan, kerja sama tim dan kecakapan sekaligus memperluas wawasan keilmuan. 

Add your thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *