Edukasi Kegiatan Komite Pemberitahuan Ruang Siswa

LDKS SMP ISLAM HARAPAN IBU

endah murdiyani
Ditulis oleh endah murdiyani

LDKS SMP Islam Harapan Ibu

LDKS ( Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ) merupakan salah satu kegiatan yang dapat mencetak generasi muda berkarakter. Kegiatan ini dirancang sedemikian rupa oleh Panitia LDKS dan Pembina OSIS serta bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya peserta untuk memahami tentang konsep dasar sebuah organisasi di sekolah, seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) atau kepramukaan.  Berbagai materi yang diajarkan mencakup kemampuan siswa dalam kecakapan mental, mampu berbicara di depan orang banyak, mengeluarkan pendapat, hingga pemikiran mengenai seorang pemimpin yang bijaksana.

Pada tanggal 19 – 21 September 2018, SMP Islam Harapan Ibu mengadakan LDKS . Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Sekretaris YHI Bapak H. Bambang Prajuritno, S.H, yang diikuti oleh calon pengurus OSIS , peserta didik baru tahun 2018-2019 beserta panitia yang terdiri dari Bapak dan Ibu Guru. Sebelum berangkat peserta bersalaman dan meminta izin kepada orang tua yang hadir terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa Kegiatan yang dilaksanakan dalam LDKS :

Materi Narkoba dari POLRES Bogor

Setelah sholat Ashar berjamaah peserta LDKS diberikan materi mengenai Narkoba oleh Polres Bogor ( AKP. Andri Alam Wijaya) . Peserta didik diberikan pengetahuan mengenai bahaya dan akibat penggunaan Narkoba. Akibat dari penggunaan Narkoba tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain. AKP menjelaskan beberapa kasus tawuran antar pelajar di Bogor diakibatkan karena sebelumnya mereka memakai Narkoba. Dalam tawuran tersebut ada korban yang meninggal karena dianiaya dengan tindakan sadis.

AKP Andri juga mengatakan bahwa penyuluhan Narkoba terhadap siswa sudah mulai ditinggalkan, karena mereka kini beralih kedunia digital dengan merilis film singkat mengenai akibat dari penggunaan Narkoba. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi kemajuan teknologi. Diakhir materi kami menonton bersama film yang dibuat oleh Polres Bogor.

Tracking oleh Panitia dan Osis.

Dalam kegiatan ini terdapat 5 pos. Pos pertama peserta diuji kemampuannya dalam baris-berbaris. Pos kedua adalah tes ketangkasan dan kecepatan,peserta diberikan waktu 3 menit membuat nama kelompok dengan sedotan dan gunting.Pos ketiga mereka diharuskan melewati lumpur sawah untuk mengambil bendera kelompok. Mungkin hal ini pengalaman pertama kali bagi mereka menginjakkan kaki dilumpur, tapi disinilah hal yang paling berkesan bagi mereka. Pos keempat adalah pos kecepatan dan kerjasama, peserta kelompok diharuskan berlari dan sampai bersamaan dalam waktu 30 detik. Pos terakhir yaitu melewati selokan dengan jongkok secara berkelompok. Walaupun kegiatan ini adalah yang paling menguras energi bagi peserta LDKS tetapi bagi peserta cukup antusias dan bersemangat.

Materi Teknik Pembuatan Proposal

Materi ini disampaikan oleh Bapak Irawan Budi Santoso. Sebagian besar peserta tidak tahu bagaimana cara membuat proposal yang baik dan benar. Padahal Osis yang terpilih nanti diharuskan membuat proposal untuk beberapa kegiatan diantaranya HI-COM. Dalam kegiatan ini mereka diberikan tips dan trik , serta langkah-langkah dalam membuat proposal. Kami berharap dengan disampaikan materi ini Osis yang terpilih tidak akan mengalami kesulitan dalam membuat proposal kegiatan Osis.

Wisata Malam

Kegiatan ini merupakan hal yang paling diikuti, karena menguji keberanian peserta LDKS untuk melewati beberapa pos dimalam hari. Mereka hanya diberikan lilin untuk penerangan dan berjalan sesuai arah petunjuk lilin. Dalam beberapa pos ada sebagian kakak Osis yang berpura-pura menjadi hantu untuk menakuti peserta LDKS. Untuk membuat suasana menjadi lebih angker dipasang juga recorder lagu Boneka Abdi yang dipercayai sebagian masyarakat sebagai lagu keramat. Pos yang paling seram adalah pos dimana salah satu kakak Osis berpura-pura berteriak karena dipukuli dengan cambuk.

Alhamdulillah seragkaian kegiatan LDKS dapat berjalan sukses dan lancar. Semua peserta dapat kembali kesekolah dengan selamat dan sehat. Setelah melalui LDKS bagi siswa diharapkan mampu menjadi pemimpin yang tangguh dan terus mengembangkan inovasi dan kreativitas guna menggapai cita-cita mereka dimasa depan.

Tentang penulis

endah murdiyani

endah murdiyani

Leave a Comment