MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SMP ISLAM HARAPAN IBU 2019

Dalam rangka pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa-siswi baru. SMP Islam Harapan Ibu Telah dilaksanakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) selama 3 hari sejak tanggal 15 Juli – 17 Juli 2019. Peserta didik diwajibkan untuk mengikuti proses Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. MPLS bertujuan untuk mengenalkan kepada peserta didik baru tentang bagaimana proses akademik dan kesiswaan selama belajar di SMPI HI nanti. Siswa dan siswi baru tersebut sekaligus dikenalkan tentang budaya dan nilai-nilai yang terdapat di SMPI HI.       

Sesuai anjuran Kemendikbud kegiatan MPLS SMPI HI yang diadakan kali ini, hanya dikoordinir oleh guru. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejadian bullying. Selain itu pihak sekolah tidak ingin meimbulkan rasa khawatir kepada orang tua siswa baru selama anaknya berada di lingungan sekolah. Kami juga menginginkan agar siswa baru merasa nyaman dan bahagia berada di lingkungan sekolah, sehigga nantinya dapat belajar dengan baik dan penuh semangat.

MPLS 2018 diisi dengan berbagai macam aktivitas seperti perkenalan antar murid, guru dan berkeliling ruang. Selanjutnya, aktivitas MPLS juga diisi dengan penginternalisasian nilai-nilai dan kegiatan-kegiatan dalam ranah akademik ataupun kesiswaan. Selain itu, agar siswa termotivasi juga diisi dengan materi wawasan kebangsaan, pembentukkan karakter , program sekolah dan diajarkan lagu Mars PPK dan Mars Hi serta Pengenalan berbagai Ekskul  yang ada di SMP Islam harapan Ibu.Peserta juga dibiasakan melakukan tadarus, hafalan doa, sholat dzuhur dan sholat dhuha berjamaah .

Selain itu peserta didik baru juga diperkenalkan kegiatan pelajaran baru yaitu Robotik. Melalui kegiatan ini siswa belajar mengenal teknologi dan pembuatan robot. Pertama diberikan pengetahuan mengenai apa itu robot. Setelah itu siswa dibentuk kelompok dan diberi buku panduan untuk mendesain robot dalam waktu 1 jam. Disini mereka dituntut untuk saling bekerjasama dan mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas dalam membuat robot.

Add your thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *