MASA PENGENALAN SISWA BARU SMP ISLAM HARAPAN IBU 2018-2019

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMPI HI memang sudah menjadi kegiatan yang biasa diselenggarakan setiap tahun. Peserta didik diwajibkan untuk mengikuti proses Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. MPLS bertujuan untuk mengenalkan kepada peserta didik baru tentang bagaimana proses akademik dan kesiswaan selama belajar di SMPI HI nanti. Siswa dan siswi baru tersebut sekaligus dikenalkan tentang budaya dan nilai-nilai yang terdapat di SMPI HI.

Sesuai anjuran Kemendikbud kegiatan MPLS SMPI HI yang diadakan kali ini, hanya dikoeerdinir oleh guru. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejadian bullying. Selain itu pihak sekolah tidak ingin meimbulkan rasa khawatir kepada orang tua siswa baru selama anaknya berada di lingungan sekolah. Kami juga menginginkan agar siswa baru merasa nyaman dan bahagia berada di lingkungan sekolah, sehigga nantinya dapat belajar dengan baik dan penuh semangat.

MPLS 2018 diisi dengan berbagai macam aktivitas. Di mulai dengan pengarahan dan ucapan selamat datang oleh Bapak H. K.P.H. Soerjo Wirjohadipoetro selaku Ketua Pembina Yayasan Harapan Ibu.  Selanjutnya, aktivitas MPLS jiga diisi dengan penginternalisasian nilai-nilai dan kegiatan-kegiatan dalam ranah akademik ataupun kesiswaan. Selain itu, agar siswa termotivasi juga diisi dengan materi wawasan kebangsaan, pembentukkan karakter , program sekolah dan diajarkan lagu Mars PPK dan Mars Hi.

Peserta juga dibiasakan melakukan tadarus, hafalan doa, sholat dzuhur dan sholat dhuha berjamaah . Selain itu ada kegiatan baru yang ditambahkan kedalam acara MPLS yaitu pembiasaan melantunkan Asmaul Husna, seminar coding, screening scoliosis dan seminar kanker.

Pembiasan Asmaul Husna di SMPI HI mulai diterapkan diawal tahun pelajaran 2018-2019. Hal ini dilakukan karena manfaat yang di dapat selain mendekatkan diri kepada ALLAh, yaitu membuka pintu rezeki,  menambah mencerdaskan otak , dan terhindar dari sifat lupa. Kami berharap dengan dilantukannya Asmaul Husna siswa didik kami semakin bertambah dan dimudahkan dalam menuntut ilmu, sehingga apa yang diajarkan oleh guru dapat terus diingat dan diterapkan dalam kehidupan mereka.

Worshop coding diberikan tidak hanya untuk siswa baru tapi juga siswa kelas VIII dan kelas IX. Sebagian besar siswa suka bermain game , siswa hanya menjadi gamer dan dapat menimbulkan ketagihan (addict). Oleh karena itu kami mendatang lembaga yang memberikan pengetahuan kepada siswa untuk menjadi produsen game. Produsen disini siswa diajarkan cara bagaimana membuat game. Tidak hanya sebatas game yang dibuat, tapi bisa mempermudah pengaplikasian tata cara sholat , berwudhu dengan menggunakan coding ini.

Screening Scoliosis yang dilakaukan oleh tim RS Ponok Indah adalah pemeriksaan kelainan tulang belakang pada remaja. Gejala dari skoliosis meliputi bahu, pinggul, dan pinggang yang tidak rata serta tulang belikat yang tampak lebih menonjol. Selain itu, tulang belakang juga dapat berputar ke satu sisi. Sebagian besar manusia menganggap bentuk tulang belakang melengkung adalah masalah yang biasa, namun jika tidak dilakukan terapi dapat juga memnyebabkan kelumpuhan. Tujuan  screening  ini dilakukan untuk mengetahui lebih awal kelainan tulang belakang pada siswa dan membiasakan posisi duduk, berdiri dan tidur dengan benar.

Seminar Cancer disampaikan oleh Ibu Ismawati kepada siswa. Dalam seminar ini diberikan pengetahuan kepada siswa kelas VII, VIII dan IX mengenai apa itu kanker dan gejalanya. Siswa juga diberikan tips bagaimana cara mencegah kanker, yaitu dengan memilih makan yang sehat dan rajin berolahraga . Seminar ini bertujuan meningkatkan kepedulian siswa terhadap kanker pada anak dengan menyebarkan informasi kepada orang tua dan teman agar waspada dan mengenali gejala kanker anak sedini mungkin.

Add your thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *