Kegiatan

PERAYAAN HARI KEMERDEKAAN SMP ISLAM HARAPAN IBU 2018

endah murdiyani
Ditulis oleh endah murdiyani

PERAYAAN HARI KEMERDEKAAN YANG KE-73 TAHUN 2018

Satu minggu menjelang perayaan HUT RI yang ke-73, masing-masing angkatan setiap kelas sudah melakukan berbagai persiapan yang bertemakan hari kemerdekaan. Mulai dengan mendekorasi ruangan kelas, membuat mading, membuat puisi kemerdekaan siswa dan siswi lakukan untuk menyambut perayaan HUT RI. Pemasangan bendera juga biasanya dilakukan oleh siswa di depan koridor kelas sebagai simbol bahwa mereka masih menghargai perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Tapi, hari peringatan kemerdekaan republik Indonesia akan jadi kurang lengkap tanpa adanya lomba 17-an .

Selain dapat memeriahkan peringatan hari kemerdekaan, lomba-lomba ini juga dapat mengeratkan hubungan antar masyarakat sekitar dan juga meningkatkan kreativitas serta daya juang pesertanya. Bicara tentang lomba 17-an, ada 5 perlombaan yang diadakan oleh SMPI HI. Kamis tanggal 16 Agustus kami telah memulai perayaan HUT RI pada pukul 07.30 dengan lomba Tarik tambang. Lomba ini di ikuti oleh 10 perserta dari masing-masing kelas. Selain mengandalkan kekuatan siswa juga dituntut saling bekerja-sama untuk memenangkan perlombaan.Selajutnya lomba memasukan pulpen ke dalam botol. Yang menarik dari lomba ini 1 pulpen diikatkan ke empat siswa dengan arah saling membelakangi dan tidak boleh melihat kebelakang. Seorang siswa mengarahkan 4 peserta lain untuk dapat memasukkan pulpen ke dalam botol .

Lomba yang ketiga adalah menendang kaleng dengan menggunkan botol aqua. Dalam loba ini siswa diharuskan memiliki kemampuan mengkoordinasikan gerak tubuh sehingga mampu mengarahkan kaleng ke garis finish dengan cepat. Selanjutnya lomba balap karung, lomba ini memerlukan keseimbangan dan kecepatan dalam melakukan pergerakan, sehingga tidak heran jika ada beberapa siswa yang terjatuh karena tidak seimbang. Lomba yang terakhir adalah memakai seragam rapi. Lomba ini baru pertama kali dilakukan oleh SMPI HI, tapi lomba ini cukup menarik perhatian karena peserta lomba hanya memerlukan waktu rata-rata 2 menit untuk memakai seragam lengkap dan rapi. Setelah semua perlomban selesai, momen yang paling ditunggu-tunggu adalah pembagian hadiah setelah melakukan shalat dzuhur berjamaah.

Keesokan harinya tanggal 17 Agustus pukul 09.00 sekolah Islah Harapan Ibu mengdakan upacara peringatan hari kemerdekaan. Suasana khidmat begitu terasa ketika pada siswa SD, SMP dan SMA Sekolah Islam Harapan Ibu sedang mengikuti upaca peringatan Kemerdekaan ke-73 Repulik Indonesia di halaman sekolah. Para siswa terlihat tertib berbaris mengikuti instruksi pimpinan upacara.Petugas upacara kali ini adalah kakak kelas SMAI HI. Mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga upacara bisa berjalan dengan lancar. Selain itu untuk lebih menyemarakkan upacara kemerdekaan, ditampilkan Marching Band dari SDI HI.

Alhamdulillah serangkaian acara perayaan hari kemerdekan bisa berjalan dengan baik dan lancar.Kami berharap dengan perayaan tujuh belas Agustus ini dapat menjadi momen kebersamaan seluruh komunitas Sekolah Islam Harapan Ibu menjadi akrab dan terus menanamkan nilai nasionalisme dan perjuangan dalam menjalani keseharian.

Tentang penulis

endah murdiyani

endah murdiyani

Leave a Comment