PERINGATAN HARI PAHLAWAN SMP ISLAM HARAPAN IBU

Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan  untuk memberi makna dan penghargaan atas pengorbanan para pahlawan bangsa. Salah satu momen penting dalam sejarah kemerdekaan diantaranya perjuangan para pahlawan yang rela mempertaruhkan jiwa raganya untuk kemerdekaan RI. Sebagai bentuk partisipasi kita terhadap perjuangan para pahlawan yag telah gugur, diadakannya Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang diselenggarakan di seluruh sekolah, termasuk SMP Islam Harapan Ibu  Jakarta. Pada pukul 07.30 WIB para peserta upacara baik guru maupun siswa dengan rapih dan tertib mengikuti upacara Hari Pahlawan di lapangan Sekolah Islam Harapan Ibu . Pasukan Pengibar Bendera SMPI HI dengan hormat menjalankan sebuah kepercayaan untuk menaikan Sangsaka Merah Putih dan diiringi oleh lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh Paduan Suara. Upacara pun terlaksana dengan khidmat yang diikuti oleh seluruh warga Sekolah Islam harapan Ibu. Setelah pengibaran bendera dibacakan kata mutiara (pesan) dari tiap-tiap pahlawan oleh Petugas upacara.

Peringatan hari pahlawan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa sangat besar. Oleh karena itu setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya, kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil, dan makmur. Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak aka nada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

Dengan kegiatan Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2018 yang dilaksanakan pada hari senin, 12 November 2018 , diharapakan siswa bisa menghargai jasa dan meneruskan perjuangan para pahlawan dengan cara terus belajar dan mengejar cita-cita meraka, sehingga bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia dimata dunia. Selain itu diharapkan kelak nanti mereka dapat bekerjasama dengan sesama warga negara Indonesia      bangsa dan negara ke arah yang lebih baik tanpa mengharapkan imbalan.

 

Add your thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *