PERLOMBAAN PEKAN MUHARRAM

Umat Islam akan merayakan Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah atau 1 Muharram yang jatuh pada Minggu (1/9/2019). Sejarah 1 Muharram tahun baru Islam, awalnya ditandai dengan peristiwa besar berupa peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Hal tersebut menjadikan sebuah penamaan kalender Islam. Saat zaman Rasul Allah, peristiwa hijrah dilakukan sebagai strategi dakwah dan menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif pada masyararakat Mekkah.

Hijrah sendiri diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal-hal buruk ke arah yang lebih baik. Dan, kini peristiwa hijrah diartikan sebagai pembelajaran nilai kebaikan untuk diri sendiri, seperti berani meninggalkan sesuatu yang buruk yang merugikan diri sendiri dan beralih pada sesuatu yang baik. Momen Muharram juga menjadi momen yang paling tepat mengenalkan kepada siswa  bahwa Tahun Baru bagi umat Islam adalah di bulan Muharram. Sehingga diharapkan dengan momen Muharram ini, menjadi sarana memaksimalkan kecintaan mereka terhadap Islam. Menyambut Muharram dengan rasa syukur karena lebih mengenal Islam sebagai agama terbaik bagi mereka.

Untuk menyambut kedatangan bulan Muharram 1441 H dan mengisinya dengan kegiatan penuh keceriaan dan keberkahan untuk seluruh kaum muslimin, kami SMP Islam Harapan mengadakan serangkaian kegiatan “PERLOMBAAN PEKAN MUHARRAM 1441H”

LOMBA KUTUM

Peserta lomba diberikan kebebasan memilih materi yanga akan ditampilkan dalam kuliah tujuh menit (kultum). Aspek yang diperhatikan dalam lomba kultum adalah intonasi, cara pembawaan dan ekspresi

LOMBA QIRA’AT

Surat yang dilombakan dalam qira’at boleh memilih surat di juz 30 dengan syarat diatas surat At Takasur . Aspek penilaian yang dilakukan dalam lomba ini adalah Tajwid, Adab /sikap dan Irama serta suara.

LOMBA ADZAN

Kegiatan Lomba ini ditujukan untuk khusus untuk siswa laki-laki. Aspek penilaian yang dilakukan dalam lomba ini adalah Makhraj huruf, penjiwaan/penghayatan, Irama , suara serta panjang pendek bacaan.  

LOMBA KALIGRAFI

Tulisan yang dilombakan adalah takbir, basmalla atau hamdalah. Kriteria penilaian yang dilakukan dalam lomba ini adalah ketepatan waktu, kreativitas, kebenaran tulisan, keindahan , kebersihan dan kerapian. Lomba ini diberikan waktu selama 2 jam untuk menyelesaikan karya mereka.

Semua Lomba ini diikuti oleh setiap kelas 7 , 8 dan 9 dengan mengirimkan 2-3 orang wakilnya. Mereka memperebutkan Piala Juara 1,2, 3 . Siswa yang tidak mengikuti lomba menjadi penonton dan supporter. Berikut adalah daftar pemenang Lomba Pekan Muharram 1440 H :

Lomba Kultum :

  1. Juara I ( Navaya Putri kelas 8)
  2. Juara II ( Muhammad Qurthubi kelas 9A )
  3. Juara III ( Andra Alif kelas 9B )

Lomba Qiroat :

  1. Juara I ( Atilla DZikri kelas 9B)
  2. Juara II ( M. Rivaldi kelas 8 )
  3. Juara III (Leony Gita kelas 8 )

Lomba Adzan:

  1. Juara I ( M. Rifaldo kelas 7)
  2. Juara II ( M. Rivaldi kelas 8 )
  3. Juara III (Bayu Asmara kelas 9B )

Lomba Kaligrafi:

  1. Juara I ( Adiarsha kelas 8)
  2. Juara II ( Suci Gladis kelas 9A )
  3. Juara III (Kana Kristina kelas 9B )

Add your thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *