PESANTREN RAMADHAN DAN BUKA PUASA BERSAMA SMP ISLAM HARAPAN IBU 2019

 Pesantren Ramadhan ( Sanram ) dan Buka Puasa bersama SMP Islam harapan Ibu diadakan pada hari Kamis – Jumat, tanggal 23 s/d 24 Mei 2019. Di pesantren kilat ini para siswa mengisi kegiatan dengan sholat dhuha, tadarus, Qira’at, ice breaking, sholat Fardu berjamaah, dan Sholat Tahjud.  Materi kegiatan pesantren ini meliputi pendalaman Aqidah Islamiyah, dan Syariah Islam serta implementasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.  Berbagai metode dilaksanakan sebagai penunjang pencapaian tujuan. Baik metode diskusi, ceramah interaktif, dan sosio drama. Para nara sumber didatangkan untuk mengisi kegiatan Pesantran Ramadhan sehingga materi kegiatan Pesantren Ramadhan dirasakan berbobot untuk para peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa dan siswi kelas VII , VIII dan IX SMP Islam serta guru pendamping. Selain itu acara buka puasa bersama juga dihadiri oleh Koordinator kelas, perwakilan yayasan, Koordinator pengawas Agama Jakarta Selatan Drs Sulaiman, M.Pd dan  Pengawas SMP Islam Harapan Ibu  Fioda , M.Pd . Drs Sulaiman juga ikut menjadi salah satu pengisi materi yang berjudul Hikmah berpuasa Ramadhan. Siswa sangat antusias saat mendengarkan penjelasan Drs Sulaiman, karena beliau menyampaikan materi yang menarik dan memberikan hadiah bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan. Materi lain yang tidak kalah menarik adalah berbakti kepada orang tua, banyak siswa yang tersentuh dan meneteskan air mata saat diberikan materi dan film yang berkaitan dengan berbakti kepada orang tua

Diharapkan dengan kegiatan Pesantren Ramadhan ini para siswa pengetahuan agamanya dapat bertambah dan sikap religiusnya meningkat sehingga para siswa setelah bulan Ramadhan ini dapat mengaplikasikan pengetahuan yang di dapat dalam kehidupannya sehari-harinya sehingga mereka dapat menjadi inspirasi kebaikan bagi masyarakat dan lingkungannya.Selain itu Kegiatan Ramadhan ini keimanan para siswa lebih kuat lagi dan dapat membawa perubahan positif bagi Siswa SMP Islam Harapan Ibu kearah yang lebih baik yang tercermin dari perilaku siswa menjadi santun, hormat terhadap guru dan orang tua, lebih peduli sesama.

Add your thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *