Edukasi Kegiatan Komite

SMP ISLAM HARAPAN IBU: PESANTREN KILAT

endah murdiyani
Ditulis oleh endah murdiyani

 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan ampunan, bulan ramadhan juga merupakan bulan yang penuh hikmah / kebajikan bagi umat manusia. Dimana pada saat itu amalan ibadah manusia akan Allah SWT lipatkan pahalanya. Untuk itulah dalam mengisi bulan ramadhan  tersebut maka perlunya suatu kegiatan, khususnya di lingkungan siswa-siswi SMP Islam Harapan Ibu yang dapat mengantarkan mereka kepada tercapainya tujuan pelaksaan ibadah puasa , yaitu kegiatan Pesantren Kilat.

Pesantren kilat berasal dari kata pesantren dan kilat . Pesantren mempunyai arti tempat orang berkumpul untuk belajar agama Islam , sedangkan kilat berati cepat sekali. Sehingga Pesantren Kilat bisa diartikan tempat para santri belajar agama secara memadai dalam waktu yang singkat ( jangka waktu tertentu dan terbatas).

Pesantren Kilat ( Sanlat )SMP Islam harapan Ibu diadakan pada hari Kamis – Jumat, tanggal 24 s/d 25 Mei 2018. kegiatan ini  diikuti oleh siswa kelas VII, VIII dan IX. Di pesantren kilat ini para siswa mengisi kegiatan dengan sholat dhuha, tadarus, Qira’at, ice breaking, sholat Fardu berjamaah, materi, nonton film Islami,  Sholat Tahjud dan penampilan dari siswa kelas  VII dan IX . Pembukaan Sanlat dilakukan oleh Bapak M. Novel, S.Pd. Materi tentang “ pentingnya Solat Fardu dan Siksa Kubur” disampaikan oleh Bapak Lukmanul Hakim, S.HI. Sedangkan materi Berbakti Kepada Orang Tua disampaikan oleh Bapak M. Novel, S.Pd.

Diharapkan dengan kegiatan Pesantren kilat ini para siswa pengetahuan agamanya dapat bertambah dan sikap religiusnya meningkat sehingga para siswa sehabis bulan Ramadhan ini dapat mengaplikasikan pengetahuan yang di dapat dalam kehidupannya sehari-harinya sehingga mereka dapat menjadi inspirasi kebaikan bagi masyarakat dan lingkungannya.Selain itu Kegiatan Sanlat ini keimanan para siswa lebih kuat lagi dan dapat membawa perubahan positif bagi Siswa SMP Islam Harapan Ibu kearah yang lebih baik yang tercermin dari perilaku siswa menjadi santun, hormat terhadap guru dan orang tua, lebih peduli sesama.

Tentang penulis

endah murdiyani

endah murdiyani

Leave a Comment