Edukasi Kegiatan Komite

SMPI HARAPAN IBU : KHATAMAN AL QUR’AN DAN SANTUNAN ANAK YATIM

endah murdiyani
Ditulis oleh endah murdiyani

KHATAMAN QURAN DAN SANTUNAN ANAK YATIM SMP ISLAM HARAPAN IBU
Kegiatan Khataman Qur’an merupakan program tahunan yang menjadi tradisi bagi SMPI HI yang dilaksanakan menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer dan Ujian Sekolah Berbasis Standar. Kami melaksanakan khataman ini karena sebelumnya kami telah melakukan pembiasaan tadarus setiap pagi di sekolah selama 15 menit sebelum memulai pelajaran. Pada saat siswa di kelas VII ditargetkan untuk menyelesaiakan pembacaan Al-Qur’an dari juz 1 sampai juz 10, di kelas VIII ditargetkan untuk menyelesaiakan pembacaan Al-Qur’an dari juz 11 sampai juz 20 dan di kelas VIII ditargetkan untuk menyelesaiakan pembacaan Al-Qur’an dari juz 21 sampai juz 30.

Kegiatan Khataman ini dilaksanakan pada hari Kamis, 5 April 2018, dengan acara sambutan dari Kepala Sekolah SMPI HI oleh Ibu Endriarti Mangayusari, S.Pd dan perwakilan Komite kelas IX oleh ibu Ina . Acara dilanjutkan oleh pembacaan qira’at surat Al-Mujadalah dan Ad Duha oleh ananda Atilah kelas VII dan sari tilawah oleh ananda Najma kelas VIII. Pembacaan qira’at tersebut adalah hasil pembiasan Qira’at yang telah dilakukan setiap rabu dan jum’at selama 1 jam pelajaran. Kemudian semua siswa membaca juz 30(Surat Attakasur sampai al-ikhlas + surat albaqarah ayat 255, dan ayat 284, 285,286) dari Al-qur’an, dengan khusu’ dan tenang saat tadarus bersama.

Selanjutnya membaca do’a mohon kelulusan yang diawali dengan sayiydulistigfar pembacaan doa dari perwakilan siswa kelas ix yang meminta dimudahkan dalam mengerjakan UNBK. Selain itu kami juga menghadirkan ustadz K.H M. Fatih Naim, LC.untuk memberikan tausiyah dan siraman rohani kepada semua hadirin mengenai berbagai pengetahuan tentang agama untuk keselamata dunia dan akhirat.Kegiatan diakhiri dengan memberi santunan untuk anak yatim dari panti asuhan daarul Aitam Pondok Pinang

Kami berharap dengan diadakannya khataman Qur’an dan Santunan dapat mengajarkan siswa siswi untuk semakin mencintai Al Qur’an dan untuk membentuk generasi quran serta mempersiapkan diri dan mental siswa di dalam menghadapi USBN dan UNBK. Selain itu ketika mereka lulus nanti, bukan hanya bisa membaca alqurannya saja, melainkan juga mereka diharapkan mampu mengamalkan, mendalami dan melestarikan budaya membaca alquran dan  untuk bisa berbagi dengan saudara yatim dan dhuafa. Selain itu kami juga berharap semoga siswa siswi kelas ix dapat diberikan kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan UNBK pada tanggal 23 -26 April 2018.

Tentang penulis

endah murdiyani

endah murdiyani

Leave a Comment